Medan Rumahnya Melayu Deli

 

 

Jangan ke Medan ah takut, Batak!

Kasar, Kasar, suaranya kuat- Kuat takuttt,..

Kelen masih mikir kalau Medan adalah tanah Batak?! No… No.. No… Medan adalah sebuah perkampungan Melayu deli yang di bangun oleh Guru Baptimpus dengan Istrinya sang puteri dari kerajaan Deli.

Nah Guru Patimpus sendiri adalah suku yang berasal dari Kerajaan Aru Karo loh Napoleonista, jadi suku asli dari  Kota Medan atau Tanah Deli ini sesungguhnya adalah Melayu dan Karo.

Loh kenapa gitu Min?

Banyak kerajaan-kerajaan Karo di Tanah Sumatera Utara ini yang melebur jadi menjadi kesultanan Melayu, seperti, Langkat, Hamparan Perak, dsbnya. Hanya saja perlu di ketahui bahwa karo yang berasal dari kerajaan Aru bukanlah suku Karo dari yang berasal dari tanah Karo sana. Suku Karo Aru berasal dari klan kembaren  yang berasal dari Pagaruyung, Minangkabau.

Nah jadi gak ada hubungannya Medan sama Batak ya Napoleonista, hanya karena banyak warga dari tanah batak yang Hijrah ke Medan, bukan berarti Medan menjadi tanah Batak. Kalau bahasa Medannya. “Bah! Pande-pandean kalilah kau! Bilang Medan jadi Batak.”

.

Kelen tahu Nagabonar? Pasti Napoleonista berpikir Nagabonar adalah Batak, emmm No no no, salah lagi kelen we. Hampir semua karakter dalam film Nagabonar ini adalah orang Melayu Napoleonista,

“Sudah ku bilang jangan kau bertempur Bujang! Sekarang matilah kau di makan cacing.” Nah mirip logat Batak kan?

Inilah logat Melayu Deli Napoleonista, lihat saja teman-teman si Nagabonar seperti Lukman, Bujang dan lainnya itu bukanlah nama Khas Batak melainkan Melayu. Bahkan tempat tinggal perkampungan Nagabonar adalah perkampungan Melayu.

Jadi Napoleonista bahasa Medan sendiri adalah percampuran antara bahasa Melayu dengan Logat Batak, inilah yang membuat Bahasa Medan itu unik.

.

Nah sekarang kelen maen-maenlah ke kede awak setiap hari Sabtu dan Minggu, para kakak sales awak di kede Wahid Hasyim, Binjai, dan Kualanamu semuanya pakai Baju adat Melayuloh untuk melayani kalaian semua.

Kelen tahukan bahwa anak Medan itu manis-manis, lembut dan pengertian, Hah kek kakak-kakak awak inilah udahlah cantik menantu idaman kali pulak.

.

Cemana? Masih takut main ke Medan? Apa lagi gaskan teros yah!

Jangan lupa! Pulangnya beliknya ya Medan Napoleon, oleh-oleh kekinian khas dari Medan 😉

Diterbitkan oleh

gomedan

Medan Napoleon adalah oleh-oleh terbaru dari Medan persembahan dari Irwansyah. Oleh-oleh ini unik dan berbeda dari yang lain karena disajikan dengan balutan softcake dan puffpastry dengan filling beraneka rasa. Menjadikan Medan Napoleon oleh-oleh khas Medan yang halal dan kekinian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *